BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 24 Oktober 2010

Saint Seiya




Saint Seiya (聖闘士星矢 Seinto Seiya) ialah anime dan manga karya Masami Kurumada. Anime Saint Seiya diproduksi oleh Toei Animation dan pertama kali disiarkan di TV AsahiJepang pada tanggal 11 Oktober 1986. Anime Saint Seiya disiarkan di Indonesia oleh stasiun televisi TVRI Yogyakarta pada tahun 1987 hingga 1990TVRI Pusat Jakarta pada tahun 1988 sampai 1991, RCTI pada tahun 1991, dan manganya masuk ke Indonesia melalui Rajawali Grafiti.
Anime ini disiarkan di Amerika Utara di Cartoon Network dan telah disunting untuk televisi dengan judul Knights of the Zodiac. Anime ini juga sukses di negara lain. Di Brazil, Saint Seiya (diganti dengan judul Os Cavaleiros do Zodíaco) pertama kali mengudara pada tahun 1994 dan telah mengubah pandangan animasi di Brazil. Hal ini juga terjadi di negara Amerika Latin yang lain, terutama Meksiko dan Argentina.
Saint Seiya makin dikenal di dunia barat dengan judul Knight of the Zodiac setelah cukup sukses di Perancis (dengan judul Les Chevaliers du Zodiaque). Di Spanyol dan negara-negara berbahasa Spanyol, Saint Seiya dikenal sebagai Los Caballeros del Zodiaco, dan di Italia dikenal sebagai I Cavalieri dello Zodiaco. Bisa dikatakan, Saint Seiya memiliki kontribusi tersendiri dalam pengembangan budaya manga dan anime Jepang.
Manga ini bercerita tentang lima pendekar yang diberi julukan "Saint" dan memiliki kekuatan berdasar pada pelindung tubuh (armor) yang disebut "Cloth", yang berasal dari konstelasi masing-masing pemiliknya. Setiap Saint memiliki kekuatan khusus yang disebut "Cosmo". Mereka diberi tugas untuk melindungi Saori Kidoreinkarnasi dari Dewi Athena (Dewi perang dan kebijakan). Saori dulunya berada di Sanctuary, tempat para Saint yang mengabdi pada Athena. Tetapi, salah satu Saint berkhianat dan memperdaya Saint lain untuk membunuh Saori bayi.
Saint Sagitarius yang menyadari kekeliruan berusaha menyelamatkan Saori. Ketika Sagitarius hampir tewas, dia menitipkan bayi Saori pada seorang konglomerat dan memintanya untuk membesarkan Saori. Setelah dewasa, Saori lalu mengumpulkan Saint-Saint yang dijadikan pelindungnya. Mereka bersumpah setia dibawah perintah Saori. Mereka lalu pergi ke Sanctuary untuk menggulingkan kekuasaan sesat Saint Gemini yang menjelma menjadi Pope (Paus), setelah membunuh Pope yang asli.

Tokoh utama

Saint perunggu

Pegasus Seiya, cloth versi ke-3
  • Pegasus Seiya
    Seiya adalah salah satu dari 88 Saint yang mengabdi pada Athena/Saori. Bisa dibilang dia adalah saint yang paling setia dan gigih berjuang untuk Athena. Karakteristiknya seperti tipikal hero komik remaja lelaki kebanyakan. Bisa dibilang dia adalah Saint perunggu utama, karena determinasi dan semangatnya yang tak pernah padam selamanya. Clothnya berasal dari konstelasi Pegasus, dan berbentuk Kuda Pegasus. Jurus andalannya adalah:
    • Tinju Meteor Pegasus (ペガサス流星拳 Pegasasu ryūseiken?)-- rangkaian pukulan beruntun yang setiap pukulannya melebihi kecepatan suara, dan kadang-kadang mencapai kecepatan cahaya.
    • Tinju Komet Pegasus (ペガサス彗星拳 Pegasasu suiseiken?) -- seluruh kekuatan pukulan tinju meteor dijadikan satu pukulan super.
    • Pegasus Rolling Crush (ペガサスローリングクラッシュ Pegasasu Rōringu Kurasshu?) -- mencengkram tubuh lawan, lalu mengangkatnya ke udara dan menjatuhkan dirinya beserta lawan di bagian kepala terlebih dahulu.


Dragon Shiryu, cloth versi ke-3
  • Dragon Shiryu
    Shiryu adalah Saint perunggu yang paling bijaksana. Dia berlatih di puncak gunung dibawah asuhan Saint emas Libra. Dia lebih taktis dan tenang dibanding rekan-rekannya. Awalnya dia Saint yang angkuh dan bangga akan kekuatannya; namun, setelah bertemu Seiya di Turnamen Saint Perunggu, sifatnya berubah. Jika sudah mengeluarkan seluruh kekuatannya, dia bisa membunuh musuh sekaligus dirinya sendiri dengan kekuatannya. Clothnya berasal dari konstelasi Draco/naga, dan berbentuk Naga. Jurus andalannya adalah:
    • Tinju Naga Mendaki Gunung (廬山昇龍覇 Rozanshōryūha?)-- serangan yang menggunakan kekuatan pukulan dan tendangan bersamaan, dibantu dengan kekuatan dari cosmo. Memiliki kelemahan yaitu terbukanya rongga dada selama beberapa detik ketika tinju ditarik kebelakang.
    • Tinju Seratus Naga Mendaki Gunung (廬山百龍覇 Rozanhyakuryūha?)-- serangan yang dipelajari Shiryu dari gurunya, Saint emas Libra Dohko. Kekuatannya seratus kali lipat dibanding Tinju Naga mendaki gunung biasa.
    • Tinju Naga Mendaki Langit (廬山亢龍覇 Rozankōryūha?) -- mirip dengan Pegasus Rolling Crash, mencengkram tubuh lawan, namun membawanya terbang sampai ke atmosfer dengan bantuan kekuatan cosmo. Jurus ini hanya diperbolehkan digunakan oleh Shiryu ketika semua jurusnya sudah tidak mempan terhadap musuh.


Cygnus Hyoga, cloth versi ke-3
  • Cygnus Hyoga
    Tidak seperti Saint perunggu lain, Hyoga memiliki ibu yang sudah meninggal di Laut Siberia. Dia berlatih dibawah Saint perak Crystal yang juga merupakan murid dari Saint emas Aquarius Camus. Tapi akhirnya dia menjadi Saint Cygnus, setelah kematian sahabatnya Isaac karena mencoba menolong Hyoga yang menyelam untuk mencari mayat ibunya. Clothnya berasal dari konstelasi Cygnus, dan berbentuk angsa. Jurus andalannya adalah:
    • Debu-debu Intan (ダイヤモンドダスト daiyamondo dasuto?)-- menembakkan kristal-kristal salju ke arah musuh.
    • Holodnyj Smerč (ホーロドニースメルチ Hōrodonī sumeruchi?Sirilik: холодный смерч, berarti "tornado es"; diubah namanya menjadi "Aurora Thunder Attack" di versi anime) -- mengumpulkan hawa dingin cosmo sehingga membentuk tornado, lalu menembakkannya ke arah musuh dengan beberapa hentakan yang mengakibatkan badai es.
    • Aurora Execution (オーロラエクスキューション ōrora ekusukyūshon?)-- menembakkan hawa dingin titik nol mutlak beku ke arah musuh. Jurus ini didapatkan Hyoga ketika bertempur melawan Saint emas Aquarius Camus di kuil Aquarius.


Andromeda Shun, cloth versi ke-3
  • Andromeda Shun
    Shun adalah anak lelaki yang membenci kekerasan, yang sangat aneh untuk dijadikan Saint yang sangat keras kehidupannya. Dia dikirim ke Pulau Kematian, tapi digantikan oleh kakaknya, Ikki. Dia lalu berlatih dibawah bimbingan Daedalus, dan menggunakan cloth Andromeda. Shun adalah satu-satunya Saint yang memakai senjata di antara kelima tokoh utama, namun di saat terdesak, sering digantikan oleh kakaknya, Ikki. Sebenarnya dia memiliki serangan pamungkas yang mematikan, yaitu badai nebula. Tapi karena membenci kekerasan dan tidak ingin ada kematian di pihak lawan, dia jarang menggunakannya dalam pertempuran. Clothnya berasal dari konstelasi Andromeda dan berbentuk Andromeda yang dirantai. Jurus andalannya adalah:
    • Rantai Nebula -- menggunakan rantainya sebagai senjata dan dapat menebak arah musuh berdasarkan hawa membunuhnya.
    • Rantai Pertahanan -- rantainya membentuk suatu sangkar yang berputar mengelilingi Shun untuk melindunginya.
    • Thunder Wave -- rantainya membentuk halilintar zig-zag untuk menyerang musuh dengan cepat.
    • Aliran Nebula -- aliran udara yang diubah tekanannya oleh cosmo Shun. Sekali ada yang bergerak, maka aliran itu akan menjadi badai Nebula.
    • Badai Nebula -- aliran Nebula yang tekanannya tiba-tiba berubah. Dapat menghancurkan apapun yang bergerak setelah dikelilingi aliran Nebula.


Phoenix Ikki cloth versi ke-3
  • Phoenix Ikki
    Ikki adalah orang yang pemarah, sombong dan suka bertarung, diyakini bahwa dia merupakan Saint perunggu yang paling terkuat. Awalnya dia sangat murka karena dikirim ke Pulau Kematian oleh Athena. Tapi dia akhirnya malah membantu Athena dan menjadi Saint perunggu paling bisa diandalkan. Dia mempunyai keistimewaan yaitu dapat kembali dari manapun, di dimensi apapun. Selain itu clothnya memiliki kemampuan untuk pulih kembali (regenerasi) setelah hancur. Dia biasanya melawan musuh-musuh yang tidak bisa dikalahkan oleh Saint perunggu lainnya. Dia sangat tangguh dan kuat. Kemampuannya selalu meningkat bila menerima jurus dari musuh yang tidak mempan baginya. Clothnya berasal dari konstelasi Phoenix, dan berbentukburung Phoenix. Jurus andalannya adalah:
    • Tinju Sayap-sayap Phoenix (鳳翼天翔 Hōyokutenshō?)-- tinju super yang menembakkan aliran panas merusak dalam satu serangan.
    • Tinju Ilusi (鳳凰幻魔拳 Hōōgenmaken?)-- menggunakan kekuatan cosmo untuk menyerang langsung ke otak musuh. Dapat membuat pikiran musuh hancur dan membuat ilusi buruk bagi musuh. Terkadang dapat membunuh musuh secara langsung. Hanya dapat berfungsi bila musuh memiliki kenangan/ilusi buruk yang pernah dialaminya.



  Saori/Athena
Saori adalah renkarnasi dari dewi Athena. Dia dititipkan oleh Aiolos Saint emas Sagitarius kepada seorang jutawan asal Jepang yang bernama Mitsumasa Kido pemilik sekaligus pendiri yayasan Grown dan kebetulan sedang berlibur di Sanctuary dan Athena dirawatnya dan diangkat sebagai cucunya. Setelah tumbuh dewasa, dia bertekad akan membebaskan Sanctuary dari kejahatan. Dia selalu berkepala dingin dan penuh kasih sayang.

  • Aries Shion
    Aries Shion adalah Pope of Sanctuary yang sebenarnya. Ia juga adalah seorang mantan Saint emas Aries, dan juga guru dari Mu. Ia adalah teman dekat Libra Dohko, dan menjadi satu-satunya Saint (selain Libra Dohko) yang selamat dari Perang Suci 243 tahun sebelumnya.
  • Gemini Kanon
    Kanon adalah adik kembar dari Saga, Saint emas sebelumnya. Ia awalnya adalah seorang jenderal Marina dan juga seorang pengawal Poseidon. Namun, setelah ia disadarkan oleh Seiya dkk., ia beralih menjadi seorang Saint emas Gemini.

Setiap Saint emas berkewajiban untuk menjaga kuilnya di Sanctuary sesuai dengan simbol zodiak di gold crossnya dan kuil yang di jaganya.

Kuil Aries
  • Aries Mu
    Di bawah pengawasan Aries Shion, Mu mampu menjadi Saint emas Aries di usia muda. Sementara semua Saint emas memiliki basis kekuatan psikis sampai taraf tertentu, Mu telah diketahui memiliki bakat psikis mentah terkuat di antara semua Saint emas. Ini memungkinkan dia untuk memanipulasi bakatnya untuk beberapa tingkatan: psikokinesistelepatiteleportasi, dan berbagai kekuatan lain yang di inginkannya. Mu berbicara sangat lembut, dengan kepribadian terpelajar; sikapnya sangat tenang dan logis, hampir seolah-olah dia adalah seorang profesor dari Sanctuary. Mu juga memiliki keterampilan khusus untuk memperbaiki cloth yang telah rusak.

Kuil Taurus
  • Taurus Aldebaran
    Aldebaran adalah salah satu dari 12 Penjaga Sanctuary, dengan Taurus sebagai simbol zodiaknya. Ia memiliki fisik terkuat dari semua Saint emas. Dia berasal dari Brasil. Tidak seperti kebanyakan karakter, Aldebaran seringkali digambarkan sebagai orang yang ramah, tertawa dan menjadi kurang serius dalam waktu santai. Dia adalah teman baik Aries Mu. Meskipun Aldebaran mengikuti perintah Pope (Saint emas Gemini Saga), ia semakin ragu terhadap integritasnya dan menguji Saint perunggu (Seiya, Shiryu, Hyoga, Shun, dan Ikki) selama invasi mereka di Sanctuary. Menurut Aries Mu, Aldebaran bisa saja membunuh semua dari mereka jika ia menggunakan kekuatannya yang sebenarnya, tetapi Aldebaran menjawab bahwa jika musuh-musuhnya sudah berjuang begitu keras, maka kepercayaan mereka tidak mungkin salah.

Kuil Gemini
Saat di kuil Gemini Seiya, Hyoga, Shiryu, Shun melihat kuil Gemini menjadi dua. Hyoga membuat keputusan bahwa Hyoga dan Shun akan memasuki Kuil pertama, dan Seiya dan Shiryu akan memasuki kuil pertama. pada akhirnya Seiya dan Shiryu pun berhasil keluar dari kuil Gemini, sementara itu Hyoga dan Shun bertempur melawan Saint emas Gemini. Hyoga pun mati saat melawan Saint emas Gemini dan Shun juga membantu Hyoga. Shun pun mengeluarkan ilmunya, ternyata Saint Emas Gemini Sangat kuat sehingga dapat mengalahkan Rantai Shun.

Kuil Cancer
  • Cancer Deathmask
    Dia digambarkan sebagai orang yang sangat sadis dan orang jahat yang menggunakan kekuasaan sesuai keinginannya tanpa takut pada kehendak Athena. Deathmask memenuhi kuil Cancer-nya dengan wajah korban - prajurit dan sipil pria, wanita dan bahkan anak-anak tidak bersalah. Deathmask adalah salah satu dari sedikit Saint yang mengetahui kebenaran tentang Pope dan Saint Gemini, bersama dengan Pisces Aphrodite, tapi ia terus mematuhi perintahnya.

Kuil leo : saiya v.s. Aiolia
  • Leo Aiolia
    Aiolia, sang penjaga kuil Leo ditampilkan sebagai contoh bagi Saint emas lain karena kebenaran dan kekuatannya. Dia adalah adik dari Sagitarius Aiolos yang difitnah sebagai pengkhianat yang berusaha membunuh Athena ketika ia masih bayi. Karena ini, Aiolia bekerja keras untuk membuktikan kesetiaannya kepada Athena dan menghapus rasa malu atas fitnah terhadap tindakan kakaknya. Bahkan saat Aiolia pikir Aiolos adalah seorang pengkhianat, ia menunjukkan rasa hormat yang besar pada ingatannya. Aiolia adalah seorang Saint yang kurang penyabar, namun memiliki semangat tinggi yang mempengaruhinya dalam bertindak. Lebih dari sekali, hal ini menciptakan konflik-konflik antar dirinya dan Aries Mu.

Kuil Virgo
  • Virgo Shaka
    Sebagai pengawal kuil Virgo di sepanjang tangga Sanctuary, Shaka telah memainkan peran penting terutama dalam pertempuran antara Athena dan Pope. Ia disebut berkali-kali cerita sebagai "orang yang hampir dewa" karena ia memiliki kekuasaan luar biasa dan juga dianggap sebagai satu-satunya Saint emas yang memiliki kendali penuh atas Araya Shiki (Indera kedelapan). Ia dikatakan sebagai reinkarnasi Buddha. Shaka sendiri diceritakan menempati tempat antara Tuhan dan manusia, tinggal di antara dua dunia, memiliki berkat serta kutukan. Sebagai seorangBodhisattva, dan diberkahi dengan alam semesta yang paling kuat dari semua Saint, Shaka juga dikatakan sebagai orang yang paling dekat dengan Tuhan. Bahkan sebagai seorang anak di India, Shaka itu terlalu cepat menjadi dewasa dan dapat berkomunikasi dengan Tuhan. Untuk orang yang hidupnya baru saja dimulai, ia telah sangat peka terhadap penderitaan dan kematian dari kehidupan manusia. Melihat kesakitan dan kematian seperti yang tercermin dalam Gangga membuat Shaka kecil melihat keputus asaan, atau krisis iman. Dengan belajar dan pelatihan esoterik, Shaka akhirnya menjadi cukup kuat untuk mengenakan jubah Emas Virgo. Untuk sebagian besar hidupnya, ia akan melihat perasaan manusia dengan campuran rasa kasihan dan kasih sayang tanpa terikat kepada mereka, dengan amalan tetapi tidak selalu dengan cinta. Pendirian teguh tampaknya menjadi jawaban Shaka terhadap pertanyaan yang diajukan oleh pedihnya kehidupan manusia, dan ia melihat kemanusiaan dari sudut Tuhan daripada pengalaman hidup. Dia akan mengalami perubahan sikap ini dalam pertemuannya dengan Phoenix Ikki. Pada akhirnya, Shaka harus ingat bahwa ia adalah seorang manusia juga, dan kembali ke kodratnya.

Kuil Libra
  • Libra Dohko
    Dohko adalah salah satu Saint emas Libra yang selamat dari Perang Suci pertama yang berlangsung 243 tahun yang lalu, bersama dengan temannya, Aries Shion (guru Aries Mu). Dohko adalah guru dari Shiryu, dan memiliki anugrah berkat ilmu Misopetha Minos dari Athena, yang membuatnya terlihat berumur 243 tahun lebih; padahal yang sebenarnya ia masih berumur 18 tahun dan 243 hari (karena ilmu Misopetha Minos membuat detak jantung Dohko hanya berjumlah ±100.000 detak per tahun, yang sebenarnya jumlah ±100.000 detak hanya untuk satu hari pada manusia normal). Ia mengajarkan ilmu-ilmu bijaksana kepada Shiryu, dan sering menjadi pembimbing yang baik bagi para Saint perunggu. Semua itu didasarkan pada pengalamannya yang hampir tiga abad menjadi seorang Saint.

Kuil Scorpio
  • Scorpio Milo
    Milo adalah Saint emas penjaga kuil Scorpio. Karena teknik utamanya menimbulkan rasa sakit luar biasa kepada para korban, Milo selalu memberikan lawan-lawannya pilihan untuk menyerah, atau menjadi gila karena sakit yang tak tertahankan. Dia juga melihat kebanggaan sangat penting dalam seorang Saint emas dan tampaknya akan selalu siap untuk membersihkan nama teman-temannya. Meskipun demikian, ia adalah seorang prajurit yang mulia bisa mengakui kekalahan, bahkan terhadap musuh yang lebih lemah.

Kuil Sagitarius
  • Sagittarius Aiolos
    Dia adalah salah satu dari 12 Saint emas penjaga Sanctuary, yang menjaga kuil Sagitarius. Aiolos adalah Saint emas yang terkenal suci yang meninggal dibunuh Saint emas Capricorn Shura karena melindungi Athena ketika masih bayi. Aiolos selalu dikaitkan dengan paradigma kebenaran, terlihat sebagai Saint yang sempurna dan salah satu dari dua Saint emas yang bisa berhasil seperti Aries Shion sebagai Pope Sanctuary berikutnya dan juga orang yang terpilih. Diluar dari keadaannya, Aiolos sering membantu Seiya berkali-kali dengan cara mengirim Gold Cloth Sagitarius untuk membantu dan melindunginya.

Kuil Capricorn
  • Capricorn Shura
    Shura adalah penjaga kuil Capricorn. Ia memiliki kesetiaan berlebihan kepada Athena. Namun, setelah Gemini Saga menjadi Pope of Sanctuary, ia turut membantu Saga dengan cara membunuh Saint emas Sagitarius Aiolos dan menyebar fitnah keji yang mengatakan bahwa Aiolos adalah pengkhianat, karena membawa Athena (Saori) yang masih bayi. Shura mendapat status sebagai seorang Saint emas Capricorn pada usia yang masih 10 tahun.

Kuil Aquarius
  • Aquarius Camus
    Dia adalah Saint emas pengawal kuil Aquarius, dan juga guru Cygnus Hyoga dan Kraken Isaac di manga. Dalam anime, dia adalah guru Crystal Saint, yang merupakan guru Hyoga dan Isaac. Camus adalah Saint berperilaku dingin, karena ia percaya Saint emas sebagai yang terkuat di antara penjaga Athena, tidak boleh menunjukkan kejengkelan atau itu akan membuat orang-orang dalam keputusasaan. Dalam manga, dia menyatakan bahwa dia benar-benar tahu bahwa Pope itu tidak bekerja di bawah kehendak Athena, tapi dia masih terus bekerja di bawah perintah untuk memenuhi perannya sebagai Saint emas Aquarius. Meskipun demikian, ia senang melihat muridnya Hyoga berjuang untuk Athena.

Kuil Pisces
  • Pisces Aphrodite
    Aphrodite sering dikatakan sebagai Saint emas "tercantik", karena memang wajahnya mencerminkan hal itu. Namun, penjaga kuil Pisces ini merupakan salah satu Saint emas yang tidak memiliki rasa kasihan terhadap musuhnya. Ia menggunaka senjata mawar beracun di dalam jurusnya. Ia juga mengetahui rahasia Gemini Saga sebagai Pope of Sanctuary yang sebenarnya, dan menjadi salah satu Saint emas yang mengetahui rahasia itu.

Kuil Pope
  • Gemini Saga
    Saga berhasil menempatkan dirinya untuk mengendalikan para Saint emas dengan berkhianat selama bertahun-tahun setelah membunuh Pope Shion (yang juga merupakan Saint emas Aries Shion, guru dari Aries Mu) ,Pope of Sanctuary yang asli dengan mencuri identitasnya, dengan tujuan membunuh Athena dan menguasai dunia. Saga sering digambarkan sebagai seseorang dengankepribadian ganda, memiliki kebaikan dari malaikat tetapi dengan kegelapan setan (memiliki dua karakter bertolak belakang, sesuai simbol zodiaknya, Gemini, yang berarti kembar). Ambivalensi ini akhirnya menciptakan sebuah kepribadian ganda: Saga yang baik yang sangat setia pada Athena dan yang jahat yang membuat tubuh mengendalikan sebagian besar waktu dan membunuh Pope sebelumnya untuk mencuri kekuasaanya. Ketika mengambil alih tubuh Saga, rambutnya berubah dari pirang ke hitam pekat (skema warna itu diubah untuk anime, di mana yang biasanya Saga rambut biru berubah abu-abu terang). Jiwa Saga yang terdiri dari dua karakter, masing-masing karakternya dapat berkomunikasi dengan karakter yang lain (sehingga terlihat Saga berbicara pada dirinya sendiri




1 komentar: